Studium General : Language and Technology

FBS-Karangmalang. Selasa (12/12) Fakultas Bahasa dan Seni UNY mengadakan studium general bidang bahasa dan pendidikan berjudul “Language and Technology” di Ruang Seminar PLA lantai 3. Dalam sambutannya, Plt. Dekan FBS UNY menyampaikan harapan agar peserta dapat mengambil manfaat dari kuliah umum ini dan menerapkannya dalam pengajaran di lapangan.

Materi seputar pemanfaatan teknologi dalam pendidikan bahasa disampaikan oleh Prof. Dr. Supyan Hussin, Direktur Alam dan Tamadun Melayu, Universitas Kebangsaan Malaysia. Prof. Dr. Supyan Hussin membahas beberapa penerapan teknologi yang digunakan dalam membantu proses belajar mengajar di kelas seperti padlet.com, kahoot.it, Zoom, Telegram, Google Translate, dan sebagainya.

Melalui media teknologi yang diterapkan dalam pembelajaran menjadikan proses belajar tidak hanya dilakukan di kelas dengan sistem tatap muka, melainkan dapat dilakukan di berbagai tempat serta dalam kondisi apapun. Teknik ini lah yang diterapkan di kelas yang Prof. Dr. Supyan Hussin ampu. Penilaiannya pun dapat dilakukan dengan melihat keaktifan mahasiswa menjawab “quiz” yang diberikan setiap saat.

Pemaparan dilanjutkan dengan membahas berbagai kelompok usia dan proses belajarnya serta peranan guru atau dosen dalam menghadapi kelompok usia tersebut dalam kaitannya di dunia pendidikan. Di era teknologi seperti ini diharapkan para pendidik mampu beradaptasi dan memanfaatkan teknologi dengan baik. Materi terakhir yang diberikan yaitu bagaimana pendidik harus mampu mendorong anak didiknya untuk mampu belajar aktif dan memanfaatkan media yang ada. Kuliah umum selama dua setengah jam ini diakhiri dengan foto bersama peserta yang terdiri dari mahasiswa UNY jenjang S1, S2, dan S3.[anjar]