UNY dan Unila Gelar Lokakarya Tari

FBS-Karangmalang. Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Negeri Lampung bekerjasama selenggarakan program workshop tari pada Selasa (06/02/2018). Program ini merupakan kolaborasi antara Prodi Pendidikan Seni Tari Fakultas Bahasa dan Seni UNY dengan Prodi Pendidikan Sendratasik FKIP Universitas Negeri Lampung. “Kunjungan sekaligus program workshop ini diharapkan dapat menjadi jembatan di antara kedua lembaga untuk sama-sama berkarya, bermitra, dan melakukan penelitian di bidang Seni Tari,” Endang Nurhayati, selaku Dekan FBS UNY, dalam sambutannya.

“Program ini diharapkan tidak hanya mempererat jejaring antar dua kampus tetapi juga mampu menambah wawasan bagi kedua pihak,” jelas Agung Kurniawan, Ketua Prodi Pendidikan Sendratasik FKIP Unila. Program lokakarya ini merupakan bagian dari rangkaian Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Dalam kesempatan tersebut, tiga orang dosen dan 31 mahasiswa Prodi Pendidikan Sendratasik FKIP Unila memberikan workshop tari Melinting dari Lampung. Mahasiswa Pendidikan Tari FBS UNY angkatan 2015, 2016, dan 2017 yang mengikuti program ini mendapatkan pengalaman baru, selain tambahan wawasan mengenai tarian dari daerah Lampung.

Workshop tari antar universitas dengan latar belakang budaya berbeda akan menambah wawasan budaya nusantara bagi para mahasiswa. Ini sejalan dengan semangat Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta sebagai penjaga gawang kebudayaan. “Program ini merupakan rintisan yang berpaut dengan spirit untuk menempatkan FBS UNY sebagai penjaga kebudayaan,” ungkap Nuning Catur Sri Wilujeng, selaku koordinator kerjasama dan humas FBS UNY. [anjar/budi]