Visitasi Prodi Pendidikan Bahasa Jerman

FBS-Karangmalang. Setiap instansi pasti menginginkan akreditasi yang bagus, karena akreditasi merupakan suatu kebutuhan. Begitu pula program studi. Akreditasi program studi merupakan kebutuhan untuk fakultas, universitas hingga mahasiswa. Karena dengan akreditasi yang bagus maka akan lebih mudah bagi mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan, begitu juga dengan fakultas dan universitas yang mendapat pandangan baik dari masyarakat. Maka dari itu telah dilakukan visitasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman pada tanggal 18 Maret 2016 lalu.

Pada kesempatan kali ini, BAN-PT mengamanahkan Bapak Dr. H. Aziz Mahfuddin, M.Pd. dan Ibu Dr. Primardiana Hermilia Wijayanti, M.Pd. bertindak selaku Tim Asesor visitasi tersebut. Para mahasiswa aktif dan para alumnipun datang untuk memberikan support dan ikut berpartisipasi dalam asesmen lapangan.

Visitasi pada hari Jumat tersebut dibuka dengan penampilan grup musik mahasiswa pendidikan bahasa Jerman dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Dra. Lia Malia, M.Pd. selaku ketua jurusan Pendidikan Bahasa Jerman. Setelah itu, barulah dimulai tahap penilaian. Penilaian pertama dilakukan dengan penilaian  borang dan portofolio yang dikemukakan prodi beserta lampiran-lampirannya. Proses penilaian ini cukup memakan waktu yang lama. Setelah itu, diadakan istirahat makan siang dan sholat.

Penilaian kembali dilanjutkan. Pada asesmen lapangan ini, mahasiswa aktif dan para alumni ikut berpartisipasi dimana mereka berdialog dengan Bapak Dr. H. Aziz Mahfuddin, M.Pd.  selaku tim Asesor. Dalam situasi ini, disampaikan secara terbuka tanpa adanya campur tangan para dosen dan pengelola seputar infrastruktur prodi, suasana akademik, kurikulum dsb.

Selesainya visitasi ditandai dengan penandatanganan berita acara tim Asesor dengan pengelola Prodi.

“Tentu kami mengaharapkan hasil yang terbaik untuk prodi,” harap Dra. Lia Malia, M.Pd. dan  “karena ini jangka panjang dan merupakan kebutuhan bersama. Kami pun telah mempersiapkan ini dari sejak lama, maka kami sangat berharap mendapat nilai yang terbaik karena ini adalah pamor,  kredibilitas prodi.” lanjut Dra. Wening Sahayu, M.Pd selaku dosen Pendidikan Bahasa Jerman. (Ajeng Prananingtyas)