Webinar Internasional Public Lecture UNY Bekerjasama dengan AIFIS

Keterangan Sumber Foto: 
Tim Humas FBS

PUBLIC LECTURE ONLINE
Senin, 27 Juli 2020 pukul 09.00 -11.00 WIb telah berlangsung secara online Webinar Internasional Public Lecture Kerjasama FBS UNY dengan AIFIS (American Institute for Indonesian Studies) dengan tema "Decentering Linguistics in Language Documentation: an Interactional Approach" bersama Nick Williams, Ph. D., dosen dari University of Colorado Biulder, USA, dan Dr. Teguh Setiawan, M.Hum ( Dosen PBSI FBS UNY) dg moderator Erna Andriyanti, M.Hum., Ph.D.
.
Webinar diikuti 480 peserta yang tidak hanya berasal dari Indonesia saja, beberapa peserta berasal dari Amerika dan Uzbekistan.Acara dipandu oleh MC Dr. Ari Kusmiatun, M.Hum., dan dibuka oleh ibu Dekan FBS UNY Dr. Sri Harti Widyastuti, M.Hum.
.
Pokok pembicaraan yang disajikan tentang bagaimana merevitalisasi bahasa yang hampir punah maupun yang saat ini masih eksis digunakan. Nick Williams sebagai pembicara pertama menyampaikan jika dokumentasi percakapan penutur atau komunitas asli merupakan bentuk revitalisasi bahasa yang dapat dijadikan salah satu pilihan dalam merevitalisasi bahasa. Penting adanya kerja sama antara pihak dokumenasi dengan masyarakat asli untuk mendapatkan dokumentasi yang cukup. "Dokumentasi bahasa tidak akan bernilai jika tidak berguna bagi penutur aslinya", ujar Nick.
Teguh Setiawan menyampaikan bahwa kamus ataupun dokumen-dokumentasi bahasa merupakan media dokumentasi bahasa yang penting. Misalnya, bahasa Indonesia memiliki kamus bahasa Indonesia yang merupakan representasi leksikon bahasa Indonesia, walaupun tidak seluruhnya tercantum. Sebabnya, masyarakat Indonesia lebih sering menggunakan kosakata pinjaman dari bahasa asing dan hal itu terjadi secara spontan, bahkan penutur tidak menyadarinya.
Teguh menambahkan jika kemauan politik saat mengenalkan bahasa Indonesia pertama kali di Indonesia mempengaruhi bahasa-bahasa daerah asli. Saat itu, bahasa Indonesia telah dipilih menjadi bahasa persatuan dan menjadi bahasa seluruh orang Indonesia.(humas)