Kunjungan Study Kampus SMAN 1 Talun Blitar ke FBS UNY

FBS-Karangmalang. Senin (15/06) pukul 12.15 WIB  segenap siswa program studi IPA yang baru saja naik ke kelas XII dan para guru dari SMAN 1 Talun Blitar tiba di Ruang Seminar Gedung PLA (Pusat Layanan Akademik) lantai 3 FBS UNY dalam rangka Kunjungan Study Kampus di Yogyakarta.

Acara dibawakan oleh staff Humas FBS UNY dan dibuka oleh Akbar Kuntardi Setiawan, M.Hum. selaku Ketua Humas FBS UNY pada pukul 12.30 WIB. Pada awal acara, ia menyampaikan sambutan dan memutarkan video profil FBS untuk memperkenalkan visi, misi, tujuan, program studi, kegiatan, keunggulan, serta fasilitas-fasilitas yang terdapat di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY kepada pihak SMAN 1 Talun.

Selanjutnya, Sumino, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Talun juga memberikan sambutannya ke podium Ruang Seminar. Beliau meminta kepada Pak Iwan (sapaan akrab Ketua Humas FBS UNY) untuk menjelaskan tentang bagaimana suasana kampus, gambaran umum maupun info mengenai perkuliahan, manfaat, serta kiat-kiat memilih program studi yang sesuai dengan bakat maupun minat khususnya bagi siswa lulusan program studi IPA SMAN 1 Talun.

Dalam acara tersebut Pak Iwan menjelaskan bahwa UNY adalah salah satu dari beberapa universitas jurusan kependidikan terbaik di Indonesia. Sejauh ini, prodi (program studi) yang paling banyak peminatnya alias yang manjadi animo di UNY adalah Prodi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) Program S1, Prodi Pendidikan Teknik Informatika Program S1, dan Prodi Ilmu Komunikasi Program S1.

Sedangkan jalur masuk mahasiswa barunya sendiri setiap tahun dibagi menjadi tiga jalur, yakni SNMPTN atau jalur masuk tanpa tes yang memiliki bobot sebesar 50%, SBMPTN atau jalur masuk melalui tes yang memiliki bobot sebesar 30%, serta SM atau jalur mandiri yang memiliki bobot sebesar 20%. Hingga saat ini jalur masuk yang sudah berlalu adalah SNMPTN dan SBMPTN, sedangkan jalur SM akan diadakan pada tanggal  5 Juli mendatang. Dimana SM (Seleksi Mandiri) ini sendiri, soal-soal tesnya dibuat oleh Panitia dari UNY, berbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN. Tes tersebut terdiri dari dua aspek, yaitu teori dan praktek. Dimana prodi-prodi di FBS yang menturut sertakan adanya tes praktek adalah Prodi Seni Tari, Prodi Seni Musik, Prodi Seni Rupa dan Kerajinan, serta Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Selain itu, Pak Iwan juga menjelaskan beberapa program kuliah ke luar negeri yang ada di FBS. Antara lain, program Study Exchange ke Thailand dan ke Belanda, program Summer Courses selama satu bulan ke Jerman dan ke Prancis, serta program Hibah Seni dan Budaya ke Selandia Baru.

Siswa-siswi SMAN 1 Talun tampak menyimak dengan baik dan mencatat setiap penjelasan yang diberikan oleh Pak Iwan. Sebelum acara ditutup, beliau juga membuka sesi tanya jawab kepada para siswa. Beberapa siswa dan guru begitu antusias mengajukan pertanyaan dan Pak Iwan menjawab pertanyaan tersebut dengan gayanya yang santai dan ramah.

Acara ditutup pada pukul 13.30 WIB dengan penyerahan kenang-kenangan dari SMAN 1 Talun oleh Sumino, M.Pd., dan sesi foto bersama. (Eri/HumasFBS)