Sebanyak 35 Mahasiswa Tiongkok Menyelesaikan Program Transfer Kredit BIPA

Keterangan Sumber Foto: 
Dyan Zahro

Yogyakarta (04/07) - Sebanyak 35 mahasiswa asal Tiongkok telah menyelesaikan Program Transfer Kredit Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya, Universitas Negeri Yogyakarta. Para mahasiswa ini berasal dari tiga universitas yang berbeda, yaitu Guangdong University of Foreign Studies, Xi’an International University dan Yunnan Minzu University. Program ini berlangsung selama satu semester dari Maret sampai Juli 2023. Oleh karena itu, untuk menandai berakhirnya program diadakan upacara penutupan pada Selasa, 4 Juli 2023.

Upacara penutupan ini dihadiri oleh Dekan FBSB, Wakil Dekan Bidang RKSIU, para dosen pengajar, tutor pendamping, para mahasiswa program transfer kredit Tiongkok serta mahasiswa Program BIPA Summer Course dari Thammasat University, Thailand. Kegiatan yang bertempat di Cine Club FBSB UNY ini berlangsung meriah dengan penampilan angklung dan tarian Maumere yang dipersembahkan oleh para mahasiswa Tiongkok.

“Tidak hanya belajar bahasa Indonesia, para mahasiswa Program Transfer Kredit ini juga mendapatkan pengalaman dan interaksi langsung melalui kegiatan ekskursi dan workshop seni budaya,” jelas Dr. Ari Kusmitun, M.Hum., Kepala Lab. BIPA FBSB UNY, dalam laporannya. Selanjutnya, Prof. Dr. Sri Harti Widyastuti, M.Hum., Dekan FBSB UNY, menyampaikan rasa bangganya terhadap keberhasilan para mahasiswa dalam menuntaskan keseluruhan program, “Kami berharap Anda dapat membawa hal yang bermanfaat dari program ini dan terus mencintai Indonesia.”

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pidato mahasiswa yang disampaikan oleh Xu Yuqin atau yang akrab disapa Yunita. “Para dosen dan tutor sangat berperan dalam proses adaptasi kami selama di Indonesia,” ungkapnya. Hal ini tampak juga dalam video momen kebersamaan selama program yang kemudian ditayangkan. “Saya sangat terharu dan berterima kasih,” ucap Alyana, mahasiswa asal GDUFS yang terpilih sebagai mahasiswa terbaik selama program. Selain Alyana terdapat pula sejumlah mahasiswa dan tutor yang mendapat gelar khusus sebagai apresiasi atas partisipasi aktif mereka selama program berlangsung. Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata fakultas dan batik hasil karya peserta selama workshop.  (DZ)