Semarak Children Art Festival 2023

Keterangan Sumber Foto: 
Dok. Humas FBSB

Sabtu, 22 Juli 2023 - Departemen Pendidikan Seni Rupa FBSB UNY mengadakan kegiatan International Children Art Festival #2 tahun 2023. 

Acara ini bekerja sama dengan Monumen Jogja Kembali yang sekaligus menjadi tempat dilaksanakannya kegiatan ini. ICAF 2023 juga bekerja sama dengan AMINEF (American Indonesia Change Foundation)  melalui delegasinya Assoc. Prof. Shei Chau Wang, M.F.A.,Ed.D., Visiting Profesor dari Northen Illinois University. 

Kegiatan ICAF merupakan kegiatan rutin dua-tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Seni Rupa, dimana di tahun kedua pelaksanaannya ini, dikomandoi oleh ketua panitia Denny Wahyu Triawan, M.Pd. 

Assc. Prof. Shei-chau Wang berkolaborasi dengan Dr. Bambang Prihadi, M.Pd. sebagai co-kurator mengkonsep tema "Splash Express Your Self Explore Posibility". Tema ini mengusung semangat keberanian berekspresi bagi anak tanpa terbatas stereotipe bentuk, media maupun teknik berkarya. Tema ini diharapkan dapat menciptakan butterfly effect untuk mengubah pakem bahwa karya seni rupa anak hanya berupa menggambar dan mewarnai saja.

Pameran ICAF tahun ini diikuti oleh 147 anak dari Indonesia, Malaysia dan Taiwan yang mengirimkan karya dalam beragam wujud mulai dari dua hingga tiga dimensi. Selain kegiatan pameran seni rupa anak, ada juga kegiatan workshop on the spot yang mendorong daya imajinasi dan inovasi anak. Workshop ini merupakan ekspresi gagasan seni komunitas, dimana para peserta dan pendamping atau orang tua dapat saling berkolaborasi membuat kreasi karya yang kreatif. Keterlibatan pendamping dan orang tua ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian komunitas non-seni terhadap seni, sehingga dapat lebih memahami bagaimana seni rupa menjadi sarana penting dalam perkembangan anak. Harapannya, semakin tumbuh kesadaran akan pentingnya memberikan kesempatan bagi anak untuk berkreasi dan mendukung fitrah mereka dalam menumbuhkan kemampuan bahasa visual.

(Reportasi: D. Wulandari, Anggit, dkk)
@lab.senirupa.anak
@psrupa.fbsbuny