ENGLISH FOR HOLIDAYS: KEGIATAN LIBURAN YANG EDUKATIF DAN FUN

FBS-KARANGMALANG. English for Holidays (EFH) adalah program tahunan yang diadakan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta dan telah berlangsung selama 14 tahun. Ajang ini menyediakan lingkungan dan aktivitas bernuansa Bahasa Inggris yang mendekatkan peserta dengan alam selama liburan akhir semester. Program terbuka untuk siswa TK, SD, SMP, hingga SMA dan bertujuan untuk menyediakan kegiatan yang tepat bagi kelompok masyarakat tertentu: anak dan remaja.
“Di samping sebagai program liburan anak yang meaningful, EFH juga memfasilitasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang mengambil kelas English for Children untuk latihan mengajar,” ungkap Nurhidayantoro, P.D.P, M,Pd., Ketua Panitia EFH 2011.
Nurul, salah satu orang tua yang mendampingi anaknya mengikuti EFH, menuturkan, “Kebetulan kami baru saja datang dari Inggris, dan di EFH ini para teacher mengunakan Bahasa Inggris sehingga saya bisa mengenalkan Indonesia kepada anak saya yang masih belum bisa berbahasa Indonesia.”
Pada tahun 2011 ini, EFH mengusung tema “Getting Closer to Nature” dengan nuansa cheerfulness, friendliness, dan care. Rangkaian kegiatan pun disusun secara matang sejak tanggal 27 Juni-9 Juli 2011. Para peserta diajak bermain sambil belajar dalam kegiatan Campus Grand Tour, Class Activities, Outbond, Aksi Go Green dengan penanaman pohon oleh peserta, Barbecue, Field Trip dan diakhiri dengan penampilan kreasi seni dalam Closing Ceremony.
“We go to museum, library, and it’s fun,” ujar Farrel, peserta EFH dari SD Tumbuh Yogyakarta. Siswa kelas 6 ini juga menambahkan, “We learn English and it’s great!” (Diyan)