Ketika Klasik, Tradisional, dan Modern Harmonis dalam Satu Panggung

FBS-Karangmalang. Institute Français Indonesia (IFI) Yogyakarta diramaikan oleh parade teater yang dipersembahkan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta (PBP FBS UNY) pada 13 Januari lalu. Pementasan yang berlangsung di Auditorium IFI ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Jurusan PBP FBS UNY dengan IFI Yogyakarta. Acara yang dimulai pukul 18.30 tersebut meraih banyak perhatian dari kurang lebih 300 penonton yang memadati auditorium IFI. Sejak sore hari, penonton sudah terlihat mengantri di depan pintu masuk.

Penonton yang datang pun bukan hanya dari UNY saja, tetapi dari kampus lain seperti UIN, UGM, dan ISI juga tampak menikmati jalannya pertunjukan. Agenda ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Jurusan PBP FBS UNY yang bekerjasama dengan IFI Yogyakarta. Pertunjukan ini merupakan salah satu bentuk ujian akhir semester dari mata kuliah Expression Orale V. Ada empat kelas yang berkontribusi dalam acara ini dan masing-masing kelas mengusung tema yang berbeda. Pertunjukan dibuka dengan penampilan drama komedi berjudul Les Lumieres de Jacque ‘Lampu-lampu Jacque’ yang ditampilkan oleh kelas F 2013, kemudian diikuti oleh penampilan kelas K 2013 yang mengusung tema tradisional Jawa berjudul Safitri Danse ‘Tarian Safitri’, penampilan ketiga dibawakan oleh kelas E 2013 dengan mengusung genre komedi yang berjudul Les Hauts Talons pour Mamie ‘Sepatu untuk Ibu’, dan ditutup oleh penampilan kelas J 2013 membawakan cerita klasik La belle et La bête ‘Si Cantik dan Si Buruk Rupa yang dikemas dengan sentuhan modern.

Semua pementasan menggunakan bahasa Prancis. Meskipun tidak semua penonton menguasai dan paham akan bahasa Prancis, tetapi karena penjiwaan yang kuat dari para pemainnya, maka penonton pun memberikan respon positif terhadap setiap penampilan. Acara yang berlangsung selama sekitar tiga jam ini juga dihadiri oleh para dosen PBP FBS UNY, direktur IFI Yogyakarta dan Ibu Wakil Dekan III FBS UNY. Acara ini juga dimeriahkan oleh pembagian door prize yang berupa mug, notes, dan kaos dari pihak sponsor "Nieander" (Lady)