PAMERAN LUKIS III : SENI TAK TERBATAS RUANG

FBS-Karangmalang Belasan sketsel tampak berjejer rapi di halaman timur Gedung Pusat Layanan Akademik (PLA) FBS UNY pada akhir Juni (24/6) lalu. Terdapat sekitar 68 lukisan dengan beragam tema terpajang apik. Selain tema yang berbeda-beda, teknik lukis maupun aliran yang ditampilkan juga bervariasi. Hal ini menarik perhatian para mahasiswa dan dosen yang lalu lalang di sekitar PLA. Banyak di antaranya bahkan berhenti sejenak untuk sekedar menikmati keindahan kanvas-kanvas yang telah digoresi cat itu.
Lukisan-lukisan tersebut adalah karya 34 orang mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Angkatan 2008. Sebagaimana yang dituturkan oleh Kristian Nicho, pameran yang dipimpinnya ini adalah bentuk ujian akhir mata kuliah Lukis III. Ketua HIMA Seni Rupa 2010 ini juga menuturkan bahwa pemilihan tempat yang tidak biasa ini disebabkan karena Ruang Pameran sedang direnovasi.
"Bagi kami yang penting, karya kami dapat diapresiasi," lanjutnya lagi. Pendapat ini diamini Dewi Muftichah, "thinking out of the box, keterbatasan harus bisa disiasati dengan kreativitas."
Kegiatan ini didukung penuh oleh sang dosen pengampu, Susapto Murdowo, M.Sn. "Dibandingkan tahun sebelumnya, mereka memang lebih kreatif dan berani dalam berekspresi," ungkapnya. Pameran ini memang bertujuan agar para mahasiswa semakin percaya diri dalam menciptakan karya seni. Masih dari Susapto,
“Penilaian seni rupa berbeda karena tidak bisa dipukul rata karena karya seni tiap-tiap mahasiswa memiliki keunikan sendiri yang harus dikenali serta diarahkan agar produktivitas dan kreativitas mahasiswa dapat berkembang sesuai ciri khasnya masing-masing”. (Diyan)