Poster sebagai Ajang Publikasi

FBS-Karangmalang. “Karena kita punya banyak kegiatan tetapi sayang publikasinya masih minim.” Drs. Pujiwiyana, M.Pd. mengemukakan alasan di balik penyelenggaraan Pameran Poster Hasil PPM dan Wisata Kampus yang pertama di FBS (4/2). Perlunya pengejawantahan kegiatan dalam kurun waktu setahun, termasuk lomba, pameran/instalasi, penelitian, dan wisata kampus demi mendulang kenaikan dosen dan promosi kampus turut melandasi kegiatan tersebut. Di samping itu, Pujiwiyana menambahkan, pameran ini juga diyakini akan memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa.

“Kegiatan wisata kampus juga diharapkan dapat menarik minat siswa SMA yang nantinya akan meneruskan jenjang pendidikan ke universitas. Ini juga dapat menjadi ajang promosi FBS dalam merekrut calon-calon mahasiswa baru.” Lanjutnya, “Jurusan Seni Rupa kerap memamerkan produk-produk finite mereka, kemudian Jurusan Bahasa Jerman yang melakukan debat dan lomba antar sekolah, Jurusan Bahasa Inggris yang mengadakan debat, story telling, Jurusan Seni Musik melaksanakan festival musik antar sekolah, olimpiade musik Nusantara, festival vokal tunggal dan sebagainya. Saya kira kegiatan semacam ini memang ampuh sebagai penggaet minat calon mahasiswa dan sayang sekali jika kegiatan-kegiatan tadi itu tidak ada yang mendokumentasi.”

Publikasi melalui poster bukan hal yang baru. Acara semacam ini sudah sering di lakukan di universitas lain, yang mana baru pertama dilaksanakan di Kampus Ungu.

“Kegiatan semacam ini memang sudah sering saya lihat diadakan baik di dalam maupun di luar negeri. Tapi untuk urusan internal kampus, di UNY, FBS ini yang memelopori,” ujar Ketua Pelaksana itu lagi.

Ketika ditanya mengapa GK I dipilih sebagai tempat pameran, dosen seni musik tersebut menjawab, “Kalau kita memajang suatu karya, kita pasti ingin diapresiasi. Nah, Gedung Kuliah I memenuhi kriteria tersebut. Banyak dosen, bukan hanya mahasiswa yang akan melewati hall pastinya. Karena selain ruang perkuliahan, kantor jurusan juga terdapat di GK I.”

Dari melirik, kemudian melihat, terbersit rasa ingin tahu dari belasan mahasiswa FBS yang lalu lalang di sekitaran Gedung Kuliah I. Dari yang cuma sekedar tanya ‘Ini apa sih’ jadi tahu segala kegiatan setahun kampus sendiri. Jelas terlihat jika kegiatan semacam ini cukup bermanfaat. Semoga masih akan ada lagi publikasi sejenis hingga tidak mandeg dan menjadi acara yang berlangsung secara sporadis. (Nunggal/HumasFBS)