Workshop Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Penelitian

FBS-Karangmalang. Dengan gaya yang khas, Prof.Dr.Burhan Nurgiyantoro menyampaikan materi penulisan artikel ilmih di jurnal dalam acara Workshop penulisan karya ilmiah berbasis penelitian. Acara ini diselenggarakan oleh Fakultas Bahasa dan seni pada tanggal 9 Desember 2014 dan diikuti oleh 86 peserta. Mereka adalah para dosen yang pada tahun 2014 mendapatkan hibah penelitian.
Workshop secara resmi dibuka oleh  Dekan FBS Prof.Dr.Zamzani, M.Pd. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa tujuan penulisan artikel secara praktis sangat terkait dengan kenaikan pangkat seorang dosen, namun demikian ada tujuan yang lebih ideal dari persoalan karir dosen, yaitu bahwa salah satu indikator kualitas sebuah universitas sangat ditentukan oleh seberapa banyak seorang dosen meneliti dan menulis hasil penelitian  tersebut baik di jurnal nasional maupun internasional.
Agenda workshop diawali dengan pemberian materi sebagai pengantar dan kemudian dilanjutkan dengan kerja teknis penulisan karya ilmiah di jurnal dan diakhiri dengan Tanya jawab. Materi secara lengkap dan jelas  telah  dipaparkan oleh narasumber seperti gaya selingkung, paradigma baru penelitian, pembuatan karya ilmiah, paadigma ideal, format artikel ilmiah hasil penelitian, dan pembuatan artikel berbasis hasil penelitian. Agenda workshop diakhiri dengan tanya jawab seputar problematika penulisan artikel di jurnal. Salah satu problem yang terungkap adalah mengapa sebuah artikel ditolak atau dikembalikan?. “Orang menulis artikel pasti bertujuan dapat dimuat di sebuah jurnal, setiap jurnal ilmiah pasti memiliki aturan format dan sistematika penulisan yang sudah pasti, jadi penulis artikel harus menyesuaikan diri dengan aturan, jangan semau sendiri jika ingin artikelnya dimuat, pastikan bahwa anda selalu mengikuti perkembangan terbaru,” itulah jawaban Prof. Burhan ketika memberikan komentar terhadap beberapa pertanyaan yang muncul.(IA-Humas FBS)