FBS UNY GELAR FESTIVAL DALANG CILIK

FBS, KARANGMALANG – Wayang sebagai salah satu kekayaan budaya Nusantara harus terus dijaga dan dilestarikan. Sebagai kampus yang mengidentifikasi dirinya sebagai penjaga gawang kebudayaan, Fakultas Bahasa dan Seni akan menggelar Festival Dalang Cilik (FDC). “Ini merupakan pelaksanaan yang kesembilan. Jadi, setiap tahun festival ini diselenggarakan,” ungkap Nuning Catur Wilujeng, selaku Sie Humas FDC IX.

Sasaran peserta Festival Dalang Cilik 2019 terdiri atas dua kategori, yaitu kategori SD dan kategori peserta SMP. Para peserta dituntut untuk mementaskan lakon-lakon wayang kulit yang sesuai dengan usia dan dunia anak-anak, seperti Gatotkaca Winisudha. Seluruh perangkat gamelan slendro dan pelog, pengrawit, dan sinden disediakan oleh panitia. Namun, meskipun demikian para peserta diperkenankan untuk membawa pengrawit dan sinden sendiri.

Acara yang akan diselenggarakan pada 16-20 Juni 2019 ini akan memperebutkan trofi, sertifikat, serta uang pembinaan. Juara I setiap kategori akan mendapatkan uang pembinaan sejumlah Rp5000.000,00. Juara II sejumlah Rp4.000.000,00. Juara III sejumlah Rp3.000.000,00. Pendaftaran peserta mulai dilaksanakan sejak 1 April sampai dengan 20 Mei 2019.

“Kami berharap pelaksanaan festival ini akan menggugah munculnya dalang-dalang cilik, khususnya di Yogyakarta,” ungkap Nuning saat ditemui di kantornya. []