Membanggakan, Separuh Peserta Yudisium Memperoleh Predikat Cumlaude

FBS-Karangmalang. Sebanyak 77 peserta yudisium Fakultas Bahasa dan Seni UNY memadati Ruang Seminar Gedung PLA lantai 3, Kamis (30/6) pagi pukul 10.30 WIB. Yudisium periode Juni tahun 2016 merupakan upacara dengan peserta yudisium dengan predikat cumlaude terbanyak sepanjang bulan Januari hingga Juni 2016 yaitu 35 peserta. Diah Margaretha Tiofany Prodi Pendidikan Seni Tari angkatan 2012 menjadi peserta yudisium dengan masa studi tercepat yaitu 3,10 tahun serta berhasil mendapat predikat cumlaude dengan IPK 3,77 dan waktu pengerjaan TA 4 bulan. Angkatan 2012 mendominasi peserta yudisium kali ini dengan jumlah 44 peserta, angkatan 2011 berjumlah 15 peserta, dan angkatan 2010, 2009, 2008 secara berurut masing-masing 4 peserta, 9 peserta, 5 peserta.

Wakil Dekan I, Dr. Maman Suryaman, M.Pd. melaporkan hasil kelulusan mahasiswa FBS UNY dan mengutarkan target selanjutnya agar kelulusan di FBS UNY semakin meningkat. “Idealnya setiap prodi mampu meluluskan minimal 10 mahasiswanya tiap bulan, jika tiap prodi di FBS UNY dapat mencapai target tersebut setidaknya setiap bulan FBS UNY akan meluluskan sekitar 110 mahasiswanya, dengan demikian produktivitas pembelajaran di FBS UNY semakin meningkat..” papar beliau menyampaikan laporan hasil yudisium. Sedangkan Wakil Dekan III, Dr. Kun Setyaning Astuti, M.Pd. menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta yudisium yang telah berprestasi selama menjadi mahasiswa di FBS UNY seperti menjabat sebagai pengurus HIMA, mengikuti kompetisi, dan kegiatan pengembangan kemahasiswaan lainnya.

Setelah laporan dari Wakil Dekan I dan Wakil Dekan III berakhir, dilanjutkan penerimaan bukti kelulusan bagi para peserta yudisium. Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNY, Dr. Widyastuti Purbani, M.A. menyampaikan kesan dan pesannya kepada para calon wisudawan, beliau mengaku bangga karena hampir separuh dari peserta yudisium memperoleh predikat cumlaude. Beliau juga berpesan, “..setelah ini, sebagai seorang sarjana akan menghadapi tantangan dan menerima tanggung jawab yang lebih berat dari sekedar mahasiswa. Pendidikan di Indonesia baru mencapai 15% pada jenjang sarjana dibanding negara lain yang telah mencapai 45%, oleh sebab itu para lulusan memiliki peranan penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.”

Dr. Widyastuti Purbani, M.A. mengingatkan perihal tantangan di era MEA, beliau berpesan agar jangan lelah dan jangan berhenti untuk belajar. Sebagai lulusan dari Fakultas Bahasa dan Seni, tentunya perlu tetap meningkatkan kemampuan bahasa asing agar dapat berkomunikasi dengan bangsa asing. Tak lupa beliau juga berpesan agar sebagai alumni FBS UNY agar tetap membangun dan memberi kontribusi kepada FBS UNY bisa berupa informasi, pengalaman, dan berbagai masukan lainnya. (anjarrh)