Focus Group Discussion Penyusunan Pedoman Implementasi Transfer Kredit Dalam dan Luar Negeri

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBS UNY

Senin (14/12/2020) bertempat di Ballroom Hotel UNY,  FBS UNY menyelenggarakan Focus Group Discussion dengan topik: Penyusunan Pedoman Implementasi Transfer Kredit Dalam dan Luar Negeri, dengan menghadirkan Pembicara I Made Andi Arsana, ST., M.E., Ph.D ( Dosen dan Kepala Kantor Internasional UGM) dan Prof. Dr. Suminto A. Sayuti .
Dalam sambutannya Dekan FBS UNY Dr. Sri Harti Widyastuti, M Hum menyampaikan UNY sudah memiliki Panduan Transfer Kredit, akan tetapi masih perlu diperjelas agar lebih implementatif dan detail, mengingat permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan di lapangan sering tak terduga dan belum tercakup dalam panduan.
I Made Andi Arsana dalam paparannya menjelaskan secara detail dan teknis tentang apa yang harus dilakukan oleh Universitas, Fakultas, Prodi, dan Mahasiswa dan strategi implementasi transfer kredit ke luar negeri.
Ditegaskan juga bahwa prodi adalah inisiator dan jantungnya kerjasama, diawali dengan people to people antar Prodi, dan UUIK sebagai fasilitatornya.
Selanjutnya tiap prodi melakukan Identifikasi  universitas dalam dan luar negeri yang potensial untuk menjadi mitra kerjasama terkait transfer kredit, menentukan mata kuliah yang bisa diambil oleh mahasiswa dari mitra (incoming), Menentukan ekuivalensi mata kuliah/proses transfer/pengakuan kredit berdasarkan hasil kerja sama pada kegiatan-kegiatan sebelumnya (misal VP, conference, transfer kredit, joint publication, penelitian kerjasama, guest lecturing, dll), dan merumuskan mekanisme implementasi aktivitas akademik transfer kredit terkait 
a. Persyaratan (umum dan khusus)
b. Prosedur
c. Tanggung jawab finansial
d. Hak dan kewajiban
Acara diakhiri presentasi hasil kerja tiap prodi. (drsa).