KMSI UNY GELAR KULIAH UMUM BERSAMA PENYAIR JOKO PINURBO

FBS, KARANGMALANG- KMSI UNY bekerja sama dengan Ketua Jurusan PBSI menyelenggarakan kuliah umum dengan tema karya sastra Bahasa Indonesia dan sejarahnya. Selasa (05/11/2019). Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai salah satu rangkaian “Bulan Bahasa KMSI UNY 2019.”

Kuliah umum ini menghadirkan Joko Pinurbo sebagai pemateri. “Fokus pembahasan kuliah umum kali ini mengerucut pada bidang yang digeluti Joko Pinurbo, yaitu karya puisi”, ungkap Nilna Sari Nur Azizah. Kuliah umum ini diikuti oleh mahasiswa jurusan Sastra Indonesia angkatan 2017-2019 dan juga dibuka untuk umum.

Nilna mengatakan bahwa kuliah umum adalah satu usaha KMSI UNY untuk meningkatkan kecintaan masyarakat, terutama mahasiswa, terhadap Bahasa Indonesia. KMSI UNY mengemas dalam bentuk kuliah umum karena memiliki harapan agar dapat meningkatkan minat peserta terhadap literasi Indonesia. Bahasa Indonesia adalah Bahasa bangsa dan dari hal tersebut kita dapat mengolahnya menjadi suatu karya sehingga Bahasa Indonesia tidak dilupakan dan tetap memiliki eksistensi dalam negeri sendiri.

“Jalannya acara tersebut Alhamdulillah lancar dan peserta juga cukup antusias mengikuti kuliah umum bersama Joko Pinurbo. Bisa dikatakan sukses besar dalam menarik minat peserta untuk mengetahui bagaimana pengolahan Bahasa Indonesia menjadi sebuah karya puisi," paparnya.

Wadah kuliah umum penting diselenggarakan karena para mahasiswa adalah generasi muda calon penerus bangsa yang harus diberi pemahaman tentang pengolahan Bahasa Indonesia ke dalam bentuk karya sastra, salah satunya melalui puisi.

Kegiatan kuliah umum ini sendiri dihadiri langsung oleh beberapa dosen dari program studi Sastra Indonesia. [almas]