KUNJUNGAN GURU DAN SISWA SMA 1 BANJARAN JAWA BARAT

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakara kembali menerima kunjungan guru dan siswa SMA  dari Jawa Barat, kali ini dari SMA Negeri 1 Banjaran, Jawa Barat, pada hari Jumat (6/03/20). Rombongan sebanyak 365 siswa dan 20 guru pendamping. Rombongan diterima oleh Wakil Dekan I Dr. Maman Suryaman, M.Pd., Wakil Dekan  2 Dr. Zulfi Hendri, S.Pd., M.Sn.,  Wakil Dekan 3 Dr. Cipto Budi Handoyo, M.Pd dan bagian Humas, Protokoler dan Kerjasama Fakultas Bahasa dan Seni  yang dipusatkan di Performance Stage Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. Wakil Kepala Sekolah bagian Humas, Dadang Darul Hilal, S.Pd yang mewakili Kepala Sekolah menyampaikan kegembiraannya bisa berkunjung di FBS UNY dan disambut hangat di gedung yang sejuk dan nyaman. Maksud kunjungan ini adalah untuk mengenal lebih dekat UNY pada umumnya dan FBS UNY pada khususnya serta untuk memotivasi siswa untuk studi lanjut ke UNY, apalagi ada alumni yang berprestasi, yakni Anisa mahasiswa Jurusan PBSI yang menjadi Juara Lomba Puisi Tingkat Nasional, dan berharap adik-adik kelasnya dapat mengikuti jejak prestasinya.

Wakil Dekan 1 Dr.Maman Suryaman, M.Pd dalam sambutannya menjelaskan secara gamblang dan panjang lebar terkait dengan Prodi yang bisa dipilih di FBS UNY, fasilitas yang tersedia, peringkat akreditasi tiap prodi, prestasi yang diraih serta   berbagai jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri, baik jalur Prestasi SNMPTN, SBMTN, maupun Seleksi Mandiri. Oleh karena itu diharapkan pada siswa sejak dini mempersiapkan diri, karena persaingan masuk perguruan tinggi negeri semakin ketat.

"SNMPTN adalah jalur Prestasi yang proses pengajuannya melalui pengunggahan prestasi yang sesuai Prodi maupun yang tidak sesuai Prodi seperti Olah Raga, Seni, Baca Puisi, Karya ilmiah maupun temuan-temuan  atau produk yang dipatenkan, selain nilai mata pelajaran itu sendiri.'" ujar WD1 menanggapi pertanyaan siswa tentang apasaja yang perlu dipersiapkan untuk masuk Prodi PBSI melalui Jalur Prestasi,

"Nilai  mata pelajaran bukan satu-satunya yang menjadi pertimbangan dalam penyeleksian mahasiswa baru jalur prestasi, karena achievement  atau pencapaian bukan hanya dari nilai, tapi juga dari prestasi." tambah WD 1.  

Banyak pertanyaan yang dilontarkan siswa secara antusias, terkait peluang kerja, ciri khas seni di FBS UNY, serta upaya FBS dalam membina rasa cinta budaya bangsa dan apa yang telah dilakukan oleh FBS UNY, yang semuanya telah terjawab dengan sangat jelas oleh WD 1 Dr. Maman Suryaman, M.Pd.

Closing statement dari WD 1: " jangan jadikan sekolah hanya sebagai penggugur kewajiban. Sekolah harus mampu menempa siswa menjadi dari zero to hero, salah satunya dengan membiasakan budaya yang baik.  Membaca buku pun bisa dibiasakan dan dibudayakan, karena buku adalah jendela ilmu pengetahuan, dan terbukanya jendela pengetahuan merupakan awal kesuksesan.

Kunjungan diakhiri dengan saling tukar menukar cindera mata dan foto bersama.(dwiretnosa)