Pameran Seni Kriya "Nuansa Kriya Nusantara"

FBS-Karangmalang. Jurusan Pendidikan Seni Rupa Program Studi Pendidikan Kriya Fakultas Bahasa dan Seni UNY menggelar pameran seni kriya dengan tema’Nuansa Kriya Nusantara ’di Galeri Gedung Perkuliahan VI  FBS 15 s.d. 17 Febuari 2016. Pameran yang menggelar sekitar 130 karya seni kriya ini dibuka oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Ibu Dr. Widyastuti Purbani,M.A

Disela-sela pameran, ketua panitia pameran, Abdul Aziz mengatakan, pameran ini didasari atas keinginan para mahasiswa Pendidikan Kriya angkatan 2012 untuk mengadakan pameran kriya dengan mengangkat potensi khas masing-  masing daerah. Karya-karya ini perlu kita pamerkan supaya mendapatkan apresiasi bagi masyarakat dan khususnya dilingkungan UNY.

”Pada pameran kriya kali ini ,banyak karya karya mahasiswa yang memamerkan karya kriya fungsional baik dari, Batik,Kulit,Logam, Keramik maupun Kayu dengan menaruh unsur Nusantara didalamnya ,Hal ini yang mungkin menarik untuk para Pengunjung karena ,banyak karya – karya dari berbagai daerah sehingga dpat menambah wawasan kita mengenai ciri khusus dari daerah tersebut. Dalam pameran ini kita menampilkan pula proses dalam pembuatan kriya seperti  membatik, menatah dan mengukir,” lanjutnya.

Ciri khas dari pameran ini menampilkan produk - produk  kriya Nusantara yang dikemas dengan era sekarang ini misalnya banyak Produk olahan Batik khas daerah menjadi tas, sepatu dan pakaian yang indah,  berbagai kharakter, style, dan gaya seni yang ada di UNY ini, dan itu kita sampaikan kepada publik. Peserta pameran ini kami undang seperti para dosen jurusan seni rupa dan mahasiswa.

”Para Mahasiswa yang ikut memamerkan pameran juga sangat senang ada wadah untuk mengapresiasi karyanya ,juga dalam pameran ini untuk memupuk tali persaudaraan antar mahasiswa ankatan 2012. Untuk pendanaan sendiri kita menggunakan sistem swadana dan mendapat sedikit bantuan dari para sponsor yang membantu dalam pameran ini,” jelasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni mengatakan,” Kegiatan ini sangat bagus sekali disuguhkan oleh mahasiswa dan masyarakat. Dan selalu berbangga hati dengan karya karya yang dipamerkan oleh para mahasiswa dengan mengangkat tema “Nuansa Kriya Nusantara”  sangat bagus sekali, karena di Era sekarang ini Banyak karya karya kriya modern dari Negara Asing yang sudah masuk dalam Pasar Kriya di Indonesia, semoga dengan adanya Kegiatan ini dapat Mengembangkan potensi Nusantra di Pasar Global. Dan saya juga sangat mengapresiasi dengan karya karya yang dipamerkan oleh para mahasiswa dengan semangat gotong royong  dari mahasiswa 2012 dapat menjadi contoh untuk adik – adik Angkatan selanjutnya. Saya yakin para mahasiswa terinspirasi dan tidak akan pernah berhenti untuk berkarya secara kreatif yang bisa kita tontonkan dan kita bisa pamerkan masyarakat”.

Kemudian, Ketua Prodi Pendidikan Kriya Bp. Dr I Ketut Sunarya,.M.Sn mengatakan, “Sangat mengapresiasi karya mahasiswa pendidikan kriya 2012 untuk menunjukan kemampuan masing masing lewat karyanya dan juga mengangkat motif – motif yang dia ciptakan sendiri, dan kami menggiring mahasiswa untuk memasrkan di pasar global dan membantu dalam pengurusan Hak cipta agar memproteksi karya mahasiswa, pameran yang dipublikasikan ini hanya prototipe bisa diproduksi kembali tetapi sedikit berbeda karena karya itu murni buatan tangan manusia”.

Respon dari pengunjung Pameran ini, Ganis Ekasyanti Mahasiswa Pendidikan Seni rupa 2013 “Sangat mengesankan, dari karya yang ditampilkan sangat bagus bagus, apalagi untuk kalangan anak muda yang dulunyaa batik tidak begitu menarik tetapi di pameran kali ini banyak produk kriya batik dibuat model baju baju yang sangat modern dengan kombinasi kain sutra dan lain-lain menjadi terkesan lebih modern, dan juga salut panitianya kompak sampai menggunakan pakaian adat dari daerahnya masing masing, keren pokoknya! “,ujarnya. (Kholif)