Pembukaan Program Guru Bantu UNY ke Victoria, Australia Program UNY – VILTA 2020

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBS UNY

Pembukaan Program Guru Bantu UNY ke Victoria, Australia Program UNY – VILTA 2020

Program ini diinisiasi oleh Konjen RI di Melbourne-Victoria, Australia, Kerjasama antara UNY dan VILTA (Victoria Indonesian Language Teacher Association).VILTA beranggotakan 350 guru-guru Bahasa Indonesia di sekolah dari sekolah dasar, menengah pertama, dan menengah atas.

Hari ini, 12 November 2020 Penyerahan resmi mhs UNY ke pihak Vilta. Hadir di acara ini: Konjen RI Melbourne-Victoria, Australia ( Ibu Spica TuthatunewaStaff Konjen RI di Melb (Perthalia Rosu), lWR 4 UNY ( Bapak Dr. rar.net. Senam, M.Si, Ketua VILTA ( Ibu Silvy Wantania), Staf Ahli WR 4 ( Adi Cilik Pierawan, M.Si., Ph.D), Ketua UUIK FBS (Nunik Sugesti, M.Hum), Kepala Lab BIPA FBS ( Dr. Arik Kusmiantun, M.Hum), Guru-guru anggota VILTA ( Susi Rekdale, Stuart Bott, Michelle, Maria Obrowski, Stepanie Pearce, Astrid Dux, para mahasiswa dan Alumni FBS, peserta Program UNY-Vilta Gelombang 1

Ada 6 mahasiswa dikirim pada gelombang 1 ini (4 mhs aktif dan 2 alumni fresh graduated yang berasal dari  PBI, Sasing, PBSI, dan Sasindo yang mereka adalah pilihan hasil seleksi dari 30 pendaftar. Mereka dipilih karena pengetahuan dan pengalaman keBIPAan nya dan kemamapuan bahasa Inggrisnya baik. Nama mhs yang dikirim: Rindang Chairunnisa, Annisa Nurul Firdausi, Syafa Azmi Syakira, Retnowati Setya Dhewi, Diana Sri Suryani, Ulfathikara.

Kegiatan diakhiri dengan orientasi oleh pihak VILTA yang berisi penjelasan kurikulum di sekolah di Australia oleh Maria Obrowski dan Children Pretection Law oleh Silvy Wantania dan Bu Spica: Ini adalah Pilot Project di akhir tahun 2020 dan berharap program guru bantu dari UNY dapat menjadi upaya meningkatkan pembelajaran Bhs Indonesia di Australia, khusunya di Victoria, sebagai penutur asli Bahasa Indonesia dan menyebarkan misi mengenalkan budaya Indonesia.

Dekan FBS UNY Dr. Sri Harti Widyastuti,M.Hum dalam sambutannya mengharapkan semoga program ini akan berlanjut di tahun-tahun ke depan. UNY membuka diri untuk kerjasama selebar-lebarnya dalam banyak kegiatan lain.Program UNY-VILTA gelombang 1 ini dirancang dilaksanakan bulan November - Desember 2020. (drsa)