Wisata Kampus Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNY

FBS-KARANGMALANG. Wisata kampus merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman. Program ini dilaksanakan oleh dosen- dosen Pendidikan Bahasa Jerman dibantu oleh pengurus BDS (Bund der Deutsch Studenten). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman kepada sekolah menengah yang ada di Indonesia khususnya wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Tahun ini Wisata Kampus dilaksanakan pada hari Selasa, 29 Agustus 2017. Kegiatan ini terdiri dari Seminar Bahasa Jerman untuk Guru-guru Bahasa Jerman, Lomba Nachricht vorlesen (membaca berita), dan lomba akustik lagu Bahasa Jerman. Kegiatan dimulai pukul 08.00 di ruang seminar PLA FBS yang di buka oleh Dr. Maman Suryaman, M.Pd selaku wakil dekan I Fakultas Bahasa dan Seni bidang akademik. Selanjutnya seminar bahasa Jerman untuk guru-guru Bahasa jerman se- Jawa Tengah dan Yogyakarta. Ibu Retna Endah SM serta Bapak Akbar K. Setiwan sebagai dosen Bahasa jerman menjadi pembicara dalam seminar ini. Lomba Nachricht vorlesen (membaca berita) dilaksanakan di ruang Cine Club Gedung Kuliah II FBS, dengan juri dosen Bahasa Jerman FBS, Ibu Isti Hariyati, dan Ibu Sufriati Tanjung, serta dosen native dari Jerman, Steven Meier.

Lomba akustik lagu Bahasa Jerman dilaksanakan setelah seminar di Ruang Seminar PLA FBS, dengan juri Bapak Pratomo Widodo dan Michela Nocker. Selamjutnya lomba wisata kampus ditutup dengan pengumunan pemenang lomba. Lomba Nachricht vorlesen juara I diraih oleh Aulia Syarifatul Husna (SMAN 1 Slawi) , juara II oleh Geraldo Putra Rosario (SMA Regina Pacis) , Juara III oleh Wahyu Eko Fitrianto (SMA 2 Boyolali). Sementara lomba akustik lagu bahasa Jerman Juara I dimenangkan oleh SMA 3 Temangung , Juara II SMA 1 Temanggung, Juara III SMA Kolase De Brito. (Windha Purnama Dhari, Pendidikan bahasa Jerman)