PENDIMUSIKAN: Pendidikan dan Musik dalam Balutan Konser Orkestra

FBS-Karangmalang. Suasana libur akhir pekan panjang masih terasa di daerah Malioboro, bus bus pariwisata memenuhi tempat parkir Abu Bakar Ali, wisatawan lokal maupun internasional masih memenuhi pedestrian Malioboro yang hampir rampung diperbaiki itu. Tak jauh dari kawasan Malioboro, tepatnya di Taman Budaya Yogyakarta nampak banyak mobil dan motor yang terparkir rapi. Di sana sudah banyak orang yang mengantri untuk masuk ke ruang Concert Hall. Malam itu (14/12) konser Welcome Concert siap dihelat oleh HIMASIK FBS UNY pukul 19.00 WIB. Welcome Concert tahun ini bertajuk “Pendimusikan” dan bertema “Harmoni Kampus Pendidikan”.

Dalam sambutannya, ketua panitia, Boas Fernando Pandiangan menjelaskan alasan tahun ini mengambil tajuk Pendimusikan. “Pendimusikan berasal dari dua kata yakni Pendidikan dan Musik. Kami memilih dua kata itu karena merepresentasikan kampus kami kepada masyarakat luas. Yaitu kampus pendidikan dan kampus musik. Dalam konser kali ini kami mengangkat musik musik yang dipelajari di perkuliahan yang dikemas ulang dalam sebuah aransemen. Kami berharap hal ini akan memacu mahasiswa baru dalam proses perkuliahan di jurusan Pendidikan Seni Musik UNY” jelasnya.

Wakil Dekan III FBS UNY dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi kepada Jurusan Pendidikan Seni Musik dan mahasiswanya yang tak kenal lelah dalam mempersiapkan diri dan terus berkarya dari tahun ke tahun untuk terus meningkatkan kompetensinya. Bu Kun, sapaan akrabnya, juga berterimakasih kepada para penonton yang telah datang dan mengapresiasi konser yang diadakan mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Musik. Sebagai penutup, Dr. Kun Setyaning Astuti, M.Pd berterimakasih kepada paduan suara SMP Stella Duce 1 Yogyakarta yang ikut berkolaborasi dalam konser malam itu.

Welcome Concert kali ini bekerja sama dengan Paduan Suara SMP Stella Duce 1 Yogyakarta dalam menyajikan medley lagu nasional yang dikemas dalam format paduan suara dan orkestra. Lagu lagu nasional yang dinyanyikan dalam medley ini diantaranya adalah Nyiur Hijau, Satu Nusa Satu Bangsa dan Sorak Sorai Bergembira. Persembahan ini tentu saja sukses memukau ratusan penonton yang memenuhi Concert Hall malam itu. Hal ini dapat dilihat dari riuhnya tepuk tangan yang diberikan para penonton ketika medley selesai disajikan.

Secara keseluruhan, konser kali ini menyajikan 14 sajian yang disajikan oleh 7 penyaji. Acara dimulai dengan Hymne UNY oleh HIMASIK Orkestra sebagai seremonial penyambutan mahasiswa baru angkatan 2016. Dilanjutkan oleh Kopi Manis yang membawakan medley lagu mata kuliah piano dan lagu Lir-ilir. Keduanya dibawakan dengan permainan piano empat tangan. Selanjutnya giliran Violet Vocal untuk unjuk gigi. Mereka menyajikan medley lagu mata kuliah vokal dan lagu dari Elfa Secioria, Bermain Musik, yang membawa gelombang nostalgia karena mengingatkan pada lagu di film Petualangan Sherina, sebuah film yang sangat terkenal di awal tahun 2000-an. Giliran selanjutnya adalah Inilah Ansamble Gitar yang membawakan medley lagu mata kuliah gitar dan lagu lawas dari Vina Panduwinata, Kumpul Bocah. Selanjutnya HIMASIK orkestra ditambah instrumen gamelan, ukulele dan angklung memainkan medley lagu nusantara, Gambang Suling, Yamko Rambe Yamko dan Bengawan Solo. Selanjutnya mereka menyajikan medley lagu nasional bersama Paduan Suara SMP Stella Duce 1. Setelahnya, mereka memainkan karya komponis kenamaan dunia, Ludwig Van Beethoven berjudul Coriolan sebagai contoh kelas musik klasik. Kini waktunya untuk lebih rileks mendengarkan lagu lagu karya anak bangsa seperti Sang Pemimpi yang dipopulerkan oleh grup band Gigi, Rumah Kita dari Godbless dan Semangat Baru dari penyanyi solo Ello. Konser malam itu ditutup dengan memainkan lagu lagu yang dipopulerkan oleh grup band Dewa19 seperti Pangeran Cinta, Sedang Ingin Bercinta, dan Laskar Cinta. (Reza)