Studi Banding PBSD UNIVET Sukoharjo di FBS UNY

FBS-Karangmalang. Sembilan dosen dan lima puluh tiga mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (PBSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bangun Nusantara atau biasa disebut UNIVET (Universitas Veteran) Sukoharjo  melakukan studi banding ke Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah, Fakultas Bahasa dan Seni,  Universitas Negeri Yogyakarta. Acara studi banding ini dilaksanakan pada hari selasa (08/03) di Ruang Seminar Lantai 3, Gedung Pusat Layanan Akademik, FBS.

Acara studi banding ini dimulai pada pukul 08.00 WIB. Kemudian,  dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Prof. Dr. Suwardi, M.Hum. selaku Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FBS. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan, “Semoga dengan adanya acara studi banding ini dapat menjadi ajang pertukaran informasi dan lebih merekatkan lagi persaudaraan antara Universitas Negeri Yogyakarta dengan Universitas Bangun Nusantara (UNIVET) Sukoharjo.”

Dalam acara ini, masing-masing perwakilan jurusan menampilkan pementasan. Salah satu mahasiswa semester enam dari UNIVET yang bernama Rizal (Duta Seni yang mewakili Indonesia ke Seoul, Korea Selatan pada tahun 2014) membawakan pasugatan beksa (pementasan tari)  yang menarik perhatian seluruh mahasiswa dan dosen. Tak kalah menariknya, dari PBD FBS UNY pun memberikan pasugatan nyekar macapat yang diwakili oleh Nofi Mahanani, Novita, Indah Uci, dan diiringi alunan gamelan dari Bimo.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi dialog antara PBSD UNIVET dan PBD FBS UNY. Dalam hal ini banyak membicarakan tentang pengajaran dan cara menyusun skripsi dengan bahasa jawa yang tepat. Dikarenakan, Universitas Bangun Nusantara sedang mulai mempelopori dan memberlakukan skripsi dengan bahasa jawa utuh(menyeluruh) pada tahun ini. Dengan demikian, diperlukan banyak informasi yang harus digali dari PBD FBS yang telah lebih dahulu menggunakan bahasa jawa utuh dalam penyusunan skripsinya. Seluruh dosen dan mahasiswa juga sangat antusias dalam mengikuti acara studi banding yang berakhir pada pukul 11.45 WIB ini. (Ifahdm)