WORKSHOP PENGUSULAN PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) GT-AI FBS UNY

FBS-Karangmalang. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS) UNY, Senin (29/02) menyelenggarakan acara workshop pengusulan proposal PKM GT-AI di Ruang Seminar PLA lantai 3 pada pukul 07.30-15.00 WIB. Acara workshop tersebut dihadiri oleh seluruh mahasiswa pengusul proposal PKM, baik yang lolos didanai DIKTI maupun tidak. Hadir pula  delapan wakil mahasiswa dari setiap jurusan. Acara juga dihadiri oleh para dosen pembimbing PKM yang lolos didanai Dikti.

Acara workshop pengusulan proposal PKM GT-AI diisi oleh tiga pembicara yaitu : Dr. rer nat Ganden S, M. Sc , Reviewer PKM dan Juri di PIMNAS dari Universitas Airlangga, Ari Kusmiatun, M. Hum. dan Nunik Sugesti, M. Hum. Ganden dalam acara tersebut memaparkan mengenai PKM 5 Bidang (PKMP, PKMK, PKMKC, PKMT, dan PKMM) serta PKM GT-AI. Poin penting dalam pengusulan Proposal PKM adalah persyaratan administratif. Selain itu, ide kreatif dalam pengusulan proposal PKM harus bisa memenuhi persyaratan yaitu bermanfaat bagi masyarakat dan bersifat orisinal. Nominal dalam usulan dana juga harus sesuai dengan rincian, serta topik yang dipilih harus up to date atau topik yang terkini.Persyaratan lain yang juga sangat penting adalah dosen pembimbing dalam pengusulan Proposal PKM harus sudah mempunyai NIDN.

Selain itu, Ganden juga memaparkan persyaratan agar proposal PKM GT-AI dapat lolos. Poin yang terpenting dalam PKM GT adalah ide harus gila dan perwujudannya memerlukan waktu minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun. Sedangkan dalam PKM AI, persyaratan terpenting adalah merupakan hasil penelitian secara berkelompok seperti hasil pengamatan pada waktu KKN, hasil dari PKMP, maupun hasil dari PKMT. Selain Ganden, dua pembicara lain yaitu Ari Kusmiatun dan Nunik Sugesti memaparkan tentang kreativitas dan cara memunculkan ide kreatif.

Selain acara Workshop PKM, pada hari yang sama juga diselenggarakan presentasi dan pengarahan oleh Juri dari DIKTI kepada para pengusul Proposal PKM yang lolos didanai oleh DIKTI. Hal ini sebagai upaya agar kelak hasil PKM dapat maju dan menang pada ajang PIMNAS tahun 2016 akan diselenggarakan di Institut Pertanian Bogor pada bulan Agustus 2016.

Acara Workshop Pengusulan Proposal PKM GT-AI  tersebut berlangsung dengan baik dan lancar hingga akhir acara. Semoga semua informasi yang disampaikan dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan sehingga mampu memunculkan ide-ide kreatif dalam membuat suatu karya (Ony Jawa)