Buanakan Bahasa Indonesia di Amerika sembari Lakukan Tridarma Perguruan Tinggi

Keterangan Sumber Foto: 
Arik K

Dosen PBSI Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya UNY, Dr. Ari Kusmiatun, M.Hum. tahun ini menjejakkan kaki ke negeri Paman Sam, Amerika Serikat dengan bendera BIPA.

Diawali dengan kolaborasi penelitian dengan pengajar BIPA di Yale University, universitas ranking 18 dunia QS world, kegiatan berlanjut ke ranah lainnya. Pengajar BIPA di Yale, Pak Indriyo Sukmono, Ph.D. sangat terbuka dengan kerjasama dengan Indonesia untuk mengembangkan BIPA di Amerika. Kegiatan ini diawali dengan pendampingan kelas BIPA yg mempertemukan MHS Yale DG MHS Indonesia di zoom (kerja sama dg UNY, Unnes, dan UNS).

Selain penelitian bersama terkait BIPA, dosen UNY, Ari Kusmiatun juga berkesempatan menjadi dosen tamu diri kelas BIPA di Yale pada 9-14 Oktober 2023. Berlanjut pula kegiatan di New York yang dipandegani KJRI New York dan COTI untuk penyelenggaraan pelatihan pembelajaran BIPA untuk pengajar BIPA yang dihadiri pengajar BIPA senior, pemula, bahkan yg baru tertarik dengan BIPA. Kegiatan kolaborasi ini menghasilkan implementasi luar biasa dalam Tridarma Perguruan tinggi. Tak hanya penelitian, pengajaran dan pengabdian pun menjadi program yg terwujudkan dr kolaborasi dengan Yale University. Pak Konjen New York, Winanto Adi juga sangat mendukung kegiatan pengenalan bahasa Indonesia di Amerika Serikat.

Sekali merengkuh dayung, 2-3 pulau terlampaui. Demikian pepatah yg tepat menggambarkan kegiatan dosen PBSI FBSB UNY ini.

@arik_jogja