English for Holidays 2023 Resmi Dibuka

Keterangan Sumber Foto: 
Hardian

“One for All, All for One” menggema di ruang Cine Club gedung Ki Ageng Suryomentaram FBSB UNY, begitu para peserta dengan semangat meneriakkan jargon English for Holidays 2023 yang akhirnya resmi dibuka. Mulai hari Minggu (25/6) hingga kurang lebih sembilan hari ke depan, program tahunan program studi Pendidikan Bahasa Inggris FBSB UNY ini akan mewarnai momen liburan anak-anak dengan kegiatan-kegiatan bernuansa bahasa Inggris yang menyenangkan.

Program yang berkonsep keceriaan, keaktifan, dan kolaborasi dalam lingkungan bahasa Inggris ini resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya, Prof. Dr. Dra. Sri Harti Widyastuti, M.Hum. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasinya akan kegiatan English for Holidays (EFH) yang dari tahun ke tahun senantiasa menunjukkan peningkatan dalam memfasilitasi “calon pemimpin-pemimpin masa depan” untuk menimba ilmu sembari mempererat tali persaudaraan. Dari salah satu pencapaiannya, EFH tahun ini memang telah berhasil menarik total 125 peserta yang dibagi dalam kelas-kelas sesuai dengan usia dan tingkatan keterampilan bahasa Inggris mereka. Terdapat keseluruhan 10 kelas dari anak-anak usia minimal 4 tahun di kelas Kindie, hingga mereka yang maksimal berusia 18 tahun di kelas Junior-Senior.

Jargon yang lebih dikenal sebagai ungkapan yang dipopulerkan Alexader Dumas dalam novelnya The Three Musketeers tersebut dirasa cocok dengan tema “Intercultural Community” yang melatarbelakangi semangat sosialisasi dan komunikasi antar budaya EFH tahun ini. “Program ini adalah kesempatan bagi kita semua untuk bersatu dan merangkul kekayaan budaya yang berbeda, sambil meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita”, jelas Ihtiara Fitrianingsih selaku ketua panitia dalam sambutannya terkait tema yang diangkat. Tema ini dirasa relevan dengan peran bahasa Inggris sebagai lingua franca yang penting di era yang saling terhubung serta “menjadi jembatan yang menghubungkan orang-orang dari berbagai penjuru dunia”, tukasnya.

Memang nuansa keragaman budaya ini terasa kental dari theme song EFH 2023 hingga kegiatan-kegiatan yang akan peserta tempuh di hari-hari berikutnya. Dari grand campus tour yang memperkenalkan peserta dengan kampus UNY, culinary day yang memperkenalkan peserta dengan makanan-makanan dari beberapa budaya, hingga games day yang terinspirasi oleh permainan-permainan dengan corak ragam budaya yang berbeda, semuanya mencerminkan semangat toleransi dalam keberagaman.