Penari FBS Meramaikan Solo Menari 24 jam

FBS-KARANGMALANG. Jurusan Tari FBS UNY akan mengirimkan penarinya untuk meramaikan acara Solo Menari 24 Jam dalam rangka World Dance Day. Mereka akan membawakan tari Serimpi dan satu tarian garapan. Penari yang terlibat dalam acara ini antara lain Enis Niken Herawati, Pamularsih Wulansari, Wenti Nuriyani, dan Titik Agustin yang akan menari Srimpi, sedangkan tari garapan dibawakan Iwan Mustafa, Punjung Purwanto, dan Wawan. Selain itu, FBS juga menyertakan pengrawit dari sebagian dosen karawitan.

Menurut Enis Niken Herawati, M.Hum, dosen-dosen jurusan seni tari yang akan menampilkan tari dituntut latihan ekstra."Di samping latihan rutin, kami juga memiliki persiapan fisik sebab UNY mendapat jatah pentas pukul 2.30 dini hari," paparnya.

Selain UNY, hadir pula para penari dari sanggar-sanggar tari, guru-guru tari sekolah dasar hingga sekolah menengah, pengajar tari dari Kraton Kasunanan Surakarta, Pura Mangkunegara Surakarta, Kraton Kasultanan Yogyakarta, Pura Pakualaman Yogyakarta,Sriwedari, ISI Surakarta, ISI Yogayakarta, STSI Bandung, ISI Bali, STKW Surabaya, Unesa Surabaya, dan UPI Bandung. Hadir pula penari dari Malaysia dan Singapura.

Kegiatan Solo menari 24 Jam dilaksanakan tidak lain untuk meramaikan hari tari sedunia atau World Dance yang pada 2010 mengangkat tema “Reaching for Compassion, equality and Tolerance”. Pementasan tari yang melibatkan lebih dari 1.500 orang ini akan digelar pada 29-30 April 2010 di empat titik sepanjang jalan Slamet Riyadi: Solo Square, lobi kantor PLN Surakarta, Joglo Sriwedari, dan Balai Kota Surakarta. (Arum)