SELEKSI STUDENT EXCHANEG NARESUAN DAN FONTYS 2016

FBS-Karangmalang. Student exchange merupakan salah satu program unggulan di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY). Untuk student exchange ke Naresuan University Thailand sudah berlangsung selama 4 tahun dan untuk Fontys-Belanda sudah berjalan 3 tahun. Program ini bertujuan agar mahasiswa mampu belajar mengenai pendidikan global, multikultural, perkembangan isu-isu global dalam pendidikan, apresiasi kultural, dan lain-lain. Program yang berlangsung selama dua minggu ini merupakan program kerjasama antara UNY dengan Naresuan University Thailand dan Fontys University of Applied Sciences (Fontys) Netherland.

Mahasiswa yang mengikuti program ini melalui proses seleksi yang cukup ketat. Selain persyaratan TOEFL dan IPK juga melalui proses wawancara yang sudah berlangsung pada Rabu (20/07). Materi wawancara meliputi motivasi mengikuti program, deskripsi diri, termasuk tentang kesanggupan keuangan. Berdasarkan hasil seleksi, terpilih masing-masing sepuluh dan empat mahasiswa untuk student exchange ke Naresuan dan Fontys. Untuk student exchange ke Thailand, yang berhasil lolos seleksi yaitu Eli Antani (Prodi Seni Tari), Yuli Suryaningsih (PBI), Ardiani Nur Fadhila (PB Prancis), Destyana Anggun R (PBI), Nurr Aziizah (PBI), Okta Lesagia (PBI), Muhammad Reza Hendrajaya (Sasing), Sarah Sekar Langit (PBI), Budi Ayu Noviasari (PBI), dan Dwi Fitrianingsih (Pend. Kriya). Sedangkan mahasiswa yang lolos seleksi untuk Fontys yaitu Permata Salsabila (PBI), Miladia Mustika Pridarani (PBI), Silvi Hidayah (PBI), dan Choirul Handayani (PB Jawa).

Untuk student exchange ke Fontys seperti tahun-tahun yang lalu juga menerapkan sistem transfer kredit sebanyak 6 sks, dengan total 140 jam perkuliahan. Sedangkan mata kuliah yang dapat dipilih oleh mahasiswa student exchange di Fontys antara lain: Teaching in the 21 Century, Teaching a Foreign Language to Younger Children, The Cultural Dimension in the Classroom, The Dutch Educational System, Cultural Education, Dutch Literature, English Literature, Intership, dan Cultural Programs (VIE)