Prof. Dr. I Ketut Sunarya, M.Sn. menyampaikan Pidatio Pengukuhan Berjudul “Kriya Nusantara Jati Diri Bangsa Menuju Jagaddhita”

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBS UNY

Prof. Dr. Drs. I Ketut Sunarya, M.Sn. yang telah dikukuhkan sebagai Guru Besar UNY Bidang Ilmu Pengkajian Kriya Tradisional pada hari Sabtu, 31 Desember 2022 menyampaikan Pidatonya yang berjudul “Kriya Nusantara Jati Diri Bangsa Menuju Jagaddhita”.
Prof. Ketut menyampaikan kesimpulan pidatonya bahwa di era global ini kehidupan manusia semakin maju dan tuntutan kriya semakin berkembang. Tidak hnaya terbatas pada banyaknya hitungan produk, namun juga menjawab tantangan bagaimana mutu kreativitas produk. Kreatif adalah jiwa produk dan inovasi adalah nilai tambahnya. Inovasi selalu dinyatakan dalam bentuk solusi teknologi yang lebih baikdan diterima oleh masyarakay. Adanya nilai tambah dapat diartikan dari keindahan secara visual serta fungsi dari produk, dan orisinalitas jelas menjadi parameter penting dalam kehadirannya.
Memelihara dan melindungi kriya adhiluhung merupakan kewajiban, namun membongkar dan menciptakan karya baru sebagai unggulan menjadi tugas generasi yang harus dilaksanakan bersama, tidak harus dengan menghapus yang lama, karena gestal lama merupakan pondasi lahirnya gestal baru, dan kreativitas membutuhkan langkah berkelanjutan.
Karena kriya tumbuh dan berkembang seirama kehidupan manusia, maka kriya Nusantara diyakini hadir untuk meningkatkan kualitas hidup manusia lahir dan batin guna tercapainya cita-cita kehidupan bangsa Indonesia yang Jagaddhita.(dwiretnosa)