LULUSAN FBS HARUS MAMPU MENJADI SARJANA BERTANGGUNG JAWAB

FBS-Karangmalang. Yudisium periode Maret 2016 telah terlaksana pada Kamis, 31 Maret 2016 lalu. Sebanyak 42 calon sarjana secara resmi telah lulus dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY. Terdapat 10 prodi dari total 11 prodi yang ada di FBS UNY meluluskan mahasiswanya pada yudisium periode Maret.

Enam orang mahasiswa berhasil lulus dengan mendapatkan predikat cumlaude diantaranya El Riza Animayong (3,79) dari Pendidikan Seni Tari angkatan 2011, Oktavia Fitriani (3,72) dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2012, Cynthia Tesarani (3,61) dari Pendidikan Seni Tari angkatan 2011, Saharul (3,52) dari Pendidikan Seni Tari angkatan 2012, Mawaidi (3,52) dari Sastra Indonesia angkatan 2011, dan Rista Nurul Hidayah (3,52) dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2011. Berdasarkan data yang diperoleh, pada yudisium Maret 2016 ini Oktavia Fitriani menjadi lulusan tercepat dan cumlaude dengan masa studi 3,07 tahun, IPK 3,72 dan waktu TA 4 bulan.

No.

Program Studi

Jumlah Lulusan

  1.  

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

4

  1.  

Pendidikan Bahasa Inggris

1

  1.  

Pendidikan Bahasa Jerman

5

  1.  

Pendidikan Bahasa Perancis

6

  1.  

Pendidikan Bahasa Jawa

3

  1.  

Pendidikan Seni Rupa

5

  1.  

Pendidikan Seni Musik

4

  1.  

Pendidikan Seni Tari

5

  1.  

Sastra Indonesia

4

  1.  

Sastra Inggris

5

Dekan FBS UNY, Dr. Widyastuti Purbani, M.A. menyampaikan pesan bagi para lulusan agar menjadi sarjana yang bertanggung jawab. Setelah lulus harus melapor ke orang tua sebagai bentuk penghormatan. Selain itu sebagai penyandang gelar sarjana tidak perlu takut dalam menghadapi MEA meskipun pesaing bukan hanya dari universitas lain tetapi dari universitas negara lain.

Pengembangan kemampuan tidak boleh berhenti, alumni juga bertugas membantu stakeholder dalam mengembangkan kurikulum seperti apa saja yang harus dibenahi, serta memberikan masukan agar kurikulum tidak hanya berbasis asumsi tetapi juga berdasarkan market sign. Akhir kata beliau menyampaikan agar para lulusan tetap tabah dalam mengahadapi tantangan di bidang seni supaya menjadi manusia yang holistik dalam bidang kebahasaan.

Acara yudisium di Ruang Seminar PLA lantai 3 periode Maret ini ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Wakil Dekan II, Rohali, M.Hum. dan dilanjutkan dengan berfoto bersama.