Pengembangan Konten Pembelajaran untuk Pembelajaran Daring dengan Moda Besmart

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBS UNY

Dalam rangka mempersiapkan pembelajaran Semester Gasal 2020/2021 yang akan dimulai 22 Agustus 2020 mendatang, Fakultas Bahasa dan Seni FBS UNY menyelenggarakan Workshop Pengembangan Konten Pembelajaran untuk Pembelajaran Daring dengan Moda Besmart. Workshop ini penting untuatk diselenggarakan mengingat semester Gasal mendatang kegiatan PBM masih akan diselenggarakan secara daring. Bertindak selaku Host sekaligus Moderator Dr. Maman Suryaman, M.Pd. (Wakil Dekan I FBS UNY)

 Narasumber Ibu Dr. Ratna Wardani, M.T (Dosen Jurusan Teknik Informatika FT UNY), memberikan materi tentang Pengembangan Besmart sebagai Moda Pembelajaran daring, dengan menjelaskan secara terperinci langkah-langkah pemanfaatan Besmart untuk membuat Konten Pembelajaran daring sehingga mudah diikuti oleh peserta workshop, yang terdiri atas dosen-dosen di lingkungan FBS UNY. Tercatat hingga akhir acara, 140 peserta mengikuti kegiatan ini.

Sebagaimana diungkapkan Dr. Maman Suryaman, M,Pd., bahwasanya dosen sudah harus membiasakan pembelajaran daring, karena semester gasal mendatang sudah menginjak dua semester perkuliahan Daring, sehingga sudah seharusnya dosen membuat materi daring dengan sungguh-sungguh, tidak asal-asalan, atau biasa-biasa saja, hanya penugasan tanpa interaksi dan timbal balik.

"Kewajiban peneliti dan pengabdi adalah melakukan hilirisasi hasil PPM dan Penelitian dan memanfaatkannya  dalam pembelajaran. Hilirisasi kini menjadikan penelitian  dan PPM sebagai luaran tambahan yang akan diunggah dalam moda besmart.  Luaran tambahan dalam bentuk penelitian  dan PPM diharapkan dapat disiapkan sebaik-baiknya agar dapat terselenggara dengan  baik", demikian penjelasan Bapak WD I.

Kegiatan dibuka oleh Dekan FBS UNY Ibu Dr. Sri Harti Widyastuti, M.Hum, yang dalam sambutannya mengungkapkan adanya  protes mahasiswa yang melakukan demo :ketidakpuasan terhadap layanan perkuliahan dari dosen. Banyak dosen yang hanya memberi tugas dan belum mempertimbangkn pembelajaran dengan cara lain yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

"Diharapkan moda Besmart dapat digunakan kita semua untuk mewadai moda daring kita, karena ini merupakan moda resmi UNY, sehingga mudah dikontrol dan dijamin mutumya krn sistem dapat tersambung ke bagian akademik. Mari kita lihat apa yang telah kita lakukan dan rancang, mari sesuaiakn dengan perkembangan jaman. Manfaatkan hasil penelitian untuk mengembangkan materi pembelajaran. Temuan penelitian dapat mengahsilkan kajian teori yg mendalam utk menganalisis  fenomena-fenomena  keilmuan." demikian himnbauan Ibu Dekan FBS UNY dalam sambutannya.

Workshop ini masih mengakomodasi perkuliahan teori, sehingga pada worshop berikutnya akan diadakan workshop untuk pembelajarandaring  yang bersifat praktik. (dwiretnosa)