Penyambutan tamu dari Dinas Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBS UNY

[16/11/2020] Penyambutan tamu dari Dinas Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur. Hadir Bapak WD 1, Kajur Pend Seni Musik, Tari, Bahasa Jawa, UUIK, Bu Avi Meilawati (Sekjur Prodi Pendidikan Bahasa Jawa), Bu Endang Sutiyati dosen (Prodi Pend. Seni Tari).

.Rombongan dari Kaltim berjumlah 6 orang dipimpin oleh Bu Yekti. Adapun maksud kunjungan adalah untuk penguatan literatur pendukung dalam rangka pengusulan beberapa kesenian Kaltim ke UNESCO sebagai warisan dunia.

Kemdikbud RI mempunyai program Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, dan untuk mendapatkan penetapan tersebut setiap propinsi harus mengusulkan karya budaya yang merupakan warisan budaya dan masih dilestarikan.

.Adapun syarat untuk mengusulkan penetapan karya budaya adalah adanya: 1) Kajian ilmiah budaya, 2) Video karya budaya, 3) Foto karya budaya.Berdasarkan data yang ada, Kaltim memiliki kurang lebih 169 karya budaya yang sudah terdaftar, tapi baru 24 yang ditetapkan, disebabkan sulit mendapatkan kajian ilmiahnya, sehingga diperlukan kerjasama dengan institusi lain untuk mendapatkannya.

Sehubungan dengan itu maksud dari kunjungan tamu dari Kaltim ini ke FBS UNY dalam rangka mencari literasi kajian karya budaya di UNY untuk menguatkan penetapan karya budaya Kaltim. (drsa)