Peresmian Kantin Baru FBS UNY "Kantin Ungu"

FBS-Karangmalang. Segenap petinggi dan warga Fakultas Bahasa dan Seni UNY hadir memeriahkan peresmian kantin baru di timur Gedung Kuliah II (Gedung C15) pada hari Selasa (02/08/2016) pukul 11.00 WIB. Dekan FBS UNY, Dr. Widyastuti Purbani, M.A. meresmikan kantin baru FBS UNY yang kini diberi nama Kantin Ungu tersebut dengan pemotongan tumpeng disaksikan oleh Dr. Maman Suryaman, M.Pd., Rohali, M.Hum., dan Dr. Kun Setyaning, M.Pd. selaku Wakil Dekan I, Wakil Dekan II dan Wakil Dekan III. Potongan tumpeng tersebut diserahkan kepada perwakilan mahasiswa, dosen, dan pegawai  yang ada di lingkungan FBS UNY.

Dalam sambutan Ibu Dekan, beliau mengutarakan bahwa warga FBS UNY telah lama mengidam-idamkan kantin yang sehat, bergizi dan halal. Maka keberadaan Kantin Ungu yang baru saja diresmikan ini menjadi hadiah untuk mengawali tahun ajaran baru di FBS UNY. Dr. Widyastuti Purbani, M.A. menambahkan, “...di FBS UNY selain belajar, mahasiswa juga akan mendapat nutrisi yang bagus, serta kantin yang mendidik karena para mahasiswa maupun konsumen lainnya diminta untuk mengumpulkan sendiri gelas dan piring kotor ke tempat pencucian. Selain itu kantin juga perlu dilibatkan dalam ketertiban proses belajar mengajar, apabila ada mahasiswa yang berada di luar kelas saat jam pelajaran maka pihak kantin diharapkan dapat mengingatkan para mahasiswa tersebut untuk kembali ke kelas. Sehingga ketika masih dalam jam belajar diharapkan tidak ada mahasiswa yang hanya menghabiskan waktu di kantin tanpa belajar di kelas.”

Tumpeng, ingkung dan beserta gudangan untuk peresmian tersebut telah disiapkan oleh pengelolaan Kantin Ungu. Kinarya Kuningan selaku Unit Produksi di FBS UNY yang bertanggungjawab pada pengelolaan ruang dan tempat di lingkungan FBS UNY juga menjadi pengelola Kantin Ungu FBS UNY. Setelah acara peresmian selesai, para tamu undangan yang sebelumnya telah diberikan kupon seharga Rp10.000,00 dipersilahkan untuk mencoba masakan di kios-kios dengan menggunakan kupon tersebut. Selain itu juga diminta untuk mengisi angket kepuasan kantin yang bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelanggan Kantin Ungu serta dapat memberikan kritik atau saran dalam rangka untuk meningkatkan kualitas Kantin Ungu FBS. Pelayanan, kenyamanan, kebersihan, dan cita rasa menjadi tolak ukur penilaian dalam angket kepuasan kantin.

Pemberian nama Kantin Ungu tersebut sesuai dengan warna identitas Fakultas Bahasa dan Seni UNY. Sebelumnya, kantin FBS ini berada di antara Gedung Stage Tedjokusumo dan parkir dosen utara Gedung Kuliah II yang terlihat sempit dan tertutup. Namun, sekarang kantin FBS UNY yang baru telah memiliki wajah yang lebih menyegarkan dengan tembok yang dicat warna merah keunguan dan lebih terbuka. Tampilan baru kantin tersebut menjadi daya tarik sendiri jika berkunjung ke FBS UNY. Letak Kantin Ungu yang berada di outdoor membuat kantin tampak luas dengan gubug-gubug makan melingar di depan kios-kios dan terlihat dari jalan membuat kantin baru FBS ini menjadi tempat untuk berkumpul yang asyik. Ada enam kios makanan dan minuman sehat yang mengisi lapak baru di Kantin Ungu. Kantin Ungu memiliki enam kios yang  terdiri dari Kios Bu Muji, Kios Bu Sri, Kios Bu Bambang, Kios Bu Akbar K, Kios Jasmine, dan satu lagi kios yang masih kosong diperuntukkan bagi mahasiswa untuk praktek kuliah kewirausahaan. Yuk, silakan mampir ke Kantin Ungu untuk mencicipi hidangan-hidangan sehat dari kios-kios di sana. (anjarrh/nuningcsw)