Kunjungan Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi ke FBS UNY

FBS-Karangmalang. Kamis lalu (5/3) sejumlah 14 delegasi program studi (prodi) Sastra Inggris Universitas Bakti Indonesia (UBI)  disambut hangat oleh himpunan mahasiswa (hima) bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), English Department Student Association (EDSA). Bertempat di ruang sidang lantai 3 Pusat Layanan Akademik (PLA) FBS UNY, kunjungan dalam rangka studi banding tersebut berjalan dengan lancar.

Universitas yang berbasis di Banyuwangi, Jawa Timur tersebut mengirimkan 50 delegasi yang tersebar ke berbagai fakultas di UNY. Hadir dalam acara tersebut Wakil Dekan II FBS UNY, Drs. Sudarmaji, M.Pd; Kepala Prodi (Kaprodi) Bahasa dan Sastra Inggris, Andy Bayu Nugroho, M,Hum; dan Rachmat Nurcahyo, S.S., M.A selaku dosen prodi Bahasa dan Sastra Inggris. Dalam sambutannya, Sudarmaji menyampaikan harapannya di masa mendatang agar terjalin kerjasama antara UNY dan UBI.

Dalam kesempatan tersebut, kedua universitas saling bertukar pikiran terkait profil masing-masing prodi. Andy Bayu Nugroho, M.Hum. memperkenalkan tiga macam konsentrasi yang terdapat di prodi Bahasa dan Sastra Inggris UNY, antara lain konsentrasi Literature, Linguistics, dan Translation. Lain halnya dengan prodi Sastra Inggris UBI yang menitikberatkan pada pariwisata sebagai konsentrasi prodi tersebut.

Kaprodi Sastra Inggris UBI menyampaikan bahwa pariwisata merupakan fokus dalam perkuliahan Sastra Inggris di Fakultas Bahasa UBI. Studi banding yang kala itu digelar juga merupakan salah satu bagian dari perkuliahan prodi tersebut. Beliau juga menyampaikan bahwa UBI telah menjalin kerja sama dengan Dinas Pariwisata setempat agar lulusan UBI nantinya dapat melanjutkan masa depannya di sana.

Delegasi mahasiswa UBI nampak antusias dengan adanya kunjungan tersebut. Hal ini terlihat dari diajukannya pertanyaan terkait prodi Bahasa dan Sastra Inggris dan kehidupan di sekitar kampus. Tak hanya selama diskusi berlangsung, suasana cair kental terasa tatkala mereka bertandang ke sekretariat Student Access Learning Center (SALC). Mereka nampak bersemangat mengunjungi perpustakaan penyedia berbagai macam referensi berbahasa Inggris yang bertempat di gedung C13 lantai 3 tersebut. (Zidnie/HumasFBS)