Liburan Edukatif Ala English For Holiday 2015

FBS-Karangmalang. Celoteh riang 194 siswa-siswi usia TK hingga SMA terdengar dari Ruang Seminar Gedung Kuliah 1 Fakultas Bahasa dan Seni UNY pada Senin (29/6/2015) lalu. Bersama orang tua mereka, siswa-siswi tersebut menghadiri upacara pembukaan English For Holiday atau yang biasa dikenal dengan EFH. EFH merupakan salah satu program unggulan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Pasca sukses melangsungkan EFH 2014 dengan tema "Getting Closer to Local Culture", tahun ini EFH hadir kembali dengan menekankan konsep “Science” dan diketuai oleh Sari Hidayati, M.A.

Acara ini secara resmi dibuka oleh dekan FBS Prof. Dr. Zamzani, M.Pd. Dalam sambutannya, Prof. Zamzani menyampaikan kepada orang tua peserta yang hadir bahwa kegiatan ini menjadi salah satu wadah untuk menggali potensi bahasa Inggris anak-anak. “Sebagai orang tua, sudah selayaknya kita memberi kesempatan pada anak-anak untuk mengembangkan potensi mereka,” pesannya. Selain itu, beliau juga berpesan kepada anak-anak untuk rajin mempelajari bahasa Inggris karena tentunya akan berguna di masa mendatang.

Sementara itu, ketua jurusan PBI Drs. Samsul Maarif, M.A. menyampaikan sepintas asal-muasal terbentuknya program EFH. Bahwa pada mulanya, program ini tercetus dari kerjasama dengan sebuah perguruan tinggi di Australia dalam program pengenalan bahasa dan budaya Australia. “Intinya, calon guru pengajar English For Children asal Australia pada waktu itu praktek mengajar di Yogyakarta, khususnya di FBS UNY. Dari situlah terinspirasi untuk mengadakan kegiatan serupa,” paparnya. Tak heran, acara ini pun disambut gembira oleh orang tua peserta karena putra-putri mereka dapat mengisi liburan dengan kegiatan yang mendidik dan bermanfaat daripada sekedar di rumah.

Meski pelaksanaan EFH tahun ini bertepatan dengan bulan Ramadhan, tak sedikit pun menyurutkan animo para peserta untuk mengikuti kegiatan yang berlangsung selama dua minggu tersebut. Pasalnya, panitia telah mengonsep program ini dengan berbagai variasi kegiatan yang bersifat edukatif dan fun, dengan melibatkan sejumlah guru yang tentunya telah memiliki pengalaman mengajar. Para pengajar tersebut tak lain merupakan mahasiswa PBI tingkat akhir yang mengambil konsentrasi EFC (English for Children) maupun TEFL (Teaching English as A Foreign Language). Tak hanya kegiatan kelas, namun ada pula Campus Grand Tour yakni observasi di Museum Pendidikan Indonesia, bermacam-macam percobaan ilmiah yang berkolaborasi dengan mahasiswa FMIPA, serta kegiatan wawancara dengan narasumber rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd.,MA.

Seluruh rangkaian kegiatan berakhir pada Jum’at (10/7/2015) yang ditandai dengan upacara penutupan. Momen penutupan diwarnai ajang unjuk kebolehan para peserta dalam berbahasa Inggris, sekaligus sebagai implementasi dari ilmu yang telah didapat di kelas EFH. Para peserta menampilkan pementasan drama, menyanyi, menari, hingga membacakan berita.

Nury Supriyanti, M.A. selaku Pembina EFH mengungkapkan bahwa program ini memberikan banyak pembelajaran, khususnya bagi dosen dan mahasiswa PBI. Namun, yang paling penting ialah program tersebut merupakan suatu bentuk kontribusi PBI yang mengutamakan pengabdian kepada masyarakat. (Muvida/Humas FBS)